-->

Oh, Ternyata Ini Alasannya Mengapa Masinis KRL Pakai Sarung Tangan


Pernahkah kalian memperhatikan tangan masinis kereta api saat bertugas?Eh jangan terus-terusan terpesona sama penampilan mereka yang menawan.Tapi hal ini juga perlu kamu ketahui lho, agar perjalanan yang kamu lakukan dengan kereta menajdi semakin nyaman.

Nah, jika kalian memperhatikan baik-baik beberapa masinis ada yang pakai sarung tangan dan tidak.
Biasanya masinis KRL selalu menggunakan sarung tangan saat bertugas.Sementara kebanyakan masinis KA jarak jauh tidak pakai sarung tangan.Fakta yang membuat penasaran ini juga diungkapkan oleh akun Instagram @keretaapikita.Dalam postingan Selasa lalu (16/5/2017), @keretaapikita mengunggah foto tangan masinis KRL yang memakai sarung tangan.

Akun @keretaapikita juga memberikan keterangan sebagai berikut:"Quiz pagi ini. Ada yang tau kenapa masinis KRL menggunakan sarung tangan tapi masinis KA jarak jauh tidak?"
Namun beberapa netizen malah menjawabnya dengan jawaban yang kocak.
Misalnya seperti jawaban dari @neneraffa, "Biar ga belang tangan nya min."
Atau jawaban dari @widodokasdo, "Habis ngerek bendera min."
Jelas jawaban yang benar bukan itu guys.

Jika kamu perhatikan memang kebanyakan masinis KRL menggunakan sarung tangan saat bertugas.Mereka selalu terlihat pakai sarung tangan warna putih saat berada di balik kemudi KRL.
Seperti gambar di atas, dua orang masinis di Commuter Line.Namun sebaliknya, masinis KA jarak jauh sering terlihat tak pakai sarung tangan putih itu.

Perhatikan tangannya, kalian lihat bukan kalau dia tidak pakai sarung tangan?Ada penjelasan yang logis mengapa ini terjadi."Sebagai isolator!!! Karena yg dioperasikan adalah Kereta Rel listrik," sebagaimana dijelaskan oleh seorang netizen @assepsuhendi.

Gunanya untuk lebih mencengkram saat mengoperasikan KRL (meminimalisir tingkat kelicinan akibat keringat) yg di operasikan melalui handle control du kabin mas KRL.
"Selain itu untuk mencegah atau meminimalisir jika ada arus listrik berlebih yg mengalir dari pantograf ke handle control atau ke saklar2 panel control yg berada di dalam kabin masinis KRL," tambahnya.

"Intinya sebagai isolator pengaman seluruh pengoperaian KRL oleh masinis KRL baik itu di luar maupun di dalam kabin masinis," kata @assepsuhendi.Lantas mengapa KA jarak jauh masinisnya tidak pakai satung tangan?"KA jarak jauh adalah kereta rel diesel, bukan kereta listrik. Lokomotifnya pun lokomotif diesel," ujar @assepsuhendi.Jadi, kalau kamu ketemu masinis KRL kok tidak pakai sarung tangan bisa diingatkan 'nanti kesetrum lho pak'.
Bukankah keselamatan penumpang bisa terjaga kalau petugasnya juga tertib?

Sumber http://www.tribunnews.com/
Back To Top