-->

Jarang di Ketahui, 12 Hal Unik Ini Dilakukan Oleh Tubuh


Tubuh kita adalah sesuatu yang menakjubkan. Tubuh bisa melakukan banyak hal tanpa kita sadari.Nah kali ini Provoke! mau ngasih tau ada 12 kegiatan yang dilakukan tubuh tapi nggak kita sadari.

1. Mata lo bisa ngasih pertanda kalo lo kedinginan

Iya mata bisa ngasih tanda kalo kita kedinginan atau hipotermia. Caranya, pembuluh darah di mata akan menyempit. Ini terjadi secara otomatis untuk menghemat energi. Dan kalo ini terus berlanjut, lkita akan mengalami buta sementara.

2. Telinga Kiri berfungsi lebih baik
Untuk bisa mendengar dengan baik, kita bisa mendekatkan telinga kiri pada sumber suara. Sedangkan telinga kanan lebih baik dalam melacak pembicaraan aktif. Pendengaran kita akan semakin baik ketika kita mendengarkan apa yang ingin lo dengarkan.

3. Cara meredakan mulas tanpa obat       

kita cukup tidur miring ke kiri. Penelitian menunjukan kalo tidur miring kiri, posisi perut dan kerongkongan jadi setara sehingga asam dalam perut kita bisa tertahan. Sedangkan kalo kita miring ke kanan, perut kita akan berada di posisi yang lebih tinggi daripada kerongkongan dan posisi ini akan membuat asam dalam perut kita naik ke tenggorokan.

4. Ganti kulit
Kulit bisa menjadi kering terus mengelupas, khususnya kulit kaki.

5. Sistem pencernaan lo punya kekuatan ajaib
Ketika kita dalam posisi terdesak dan membutuhkan kekuatan lebih, sistem saraf kita akan bekerja kemudian memompa adrenalin sehingga detak jantung kita jadi makin cepat dan respirasi meningkat, pupil mata melebar dan menyebabkan sistem pencernaan kita fungsinya menurun. Hal tersebut terjadi agak semua otot kita bisa berkontraksi dan memberikan kekuatan yang lebih. Penurunan sistem pencernaan pun sifatnya sementara saja.

6. Tubuh bisa memprediksi cuaca
Ada beberapa orang yang bisa merasakan akan hujan dengan rasa sakit di sendi mereka. Hal ini disebabkan karena tekanan di atmosfer turun, fluida yang menjadikan sendi bisa menimbulkan tekanan. Rasa sakit tersebut terjadi sampai badai selesai dan tekanan di atmosfer kembali normal.
Ada juga orang yang menderita migrain ketika suhu di sekitarnya berubah secara drastis. Hal ini karena terjadi ketidakseimbangan kimia di otak.

7. Pupil mata menunjukan perasaan lo yang sebenarnya

Pupil mata kita akan melebar secara otomatis ketika orang yang kita sukai lewat. Rasa suka pada seseorang ini mempengaruhi sistem saraf simpatik. Gitu.

8. Batuk bisa mengurangi sakit
kita pasti tau kan ada perasaan sakit ketika disuntik. Nah untuk mengurangi sakit tersebut, kita cukup batuk sedikit aja. Batuk mampu mengurangi sinyal nyeri ke otak, jadi rasa sakitnya akan berkurang.

9. Cara cepat mengurangi hidung mampet
kita cukup menekankan lidah ke langit-langit mulu dan tekan jari di area alis. Hal itu bisa membuat tulang di hidup bergerak maju mundur yang kemudian akan melonggarkan nasal dan membersihkan sinus dalam waktu sekitar 20 detik.

10. Es batu buat obati sakit gigi
Buat kamu yang bermasalah sama gigi, kini harus banyak bersahabat dengan es batu. Caranya kita oleskan es batu di area antara ibu jari dan telunjuk dengan begitu rasa sakitnya akan berkurang. Kok bisa? Bisa karena jalur saraf di area tersebut membuat rasa sakit tidak sampai ke area wajah.

11. Cara mengatasi jantung yang berdetak kencang
Deg-degan parah karena ketakutan? Cukup meniup jempol tangan maka jantung kita akan kembali tenang dalam waktu singkat. Ini terjadi karena di jempol ada saraf yang mengendalikan detak jantung.

12. Penciuman berpengaruh terhadap memori masa lalu

Indera penciuman kita memiliki pengaruh cukup besar terhadap memori masa lalu dan emosi kita. Jadi nggak heran kalo kita mencium bau sesuatu terus malah keingetan sama masa lalu.
Nah itu dia hal-hal yang bisa dilakukan tubuh kita yang mungkin nggak (belum) kita ketahui. Tubuh kita punya cara kerja yang menakjubkan. Kita hanya perlu peka untuk memahaminya.

Back To Top